Sedikit Mengenal Tentang Vlog

Apa sih Vlog itu? Vlog (Video Blogging) atau yang disebut juga Vlogging adalah sebuah video dokumentasi jurnalistik yang berada di dalam web yang berisi tentang hidup, pikiran, opini, dan ketertarikan.

Vlog sendiri sudah ada sejak tahun 2000, saat Adam Kontras memposting sebuah video dalam blognya, kemudian diikuti oleh Adrian Miles yang memposting videonya dengan menggunakan kata vlog. Nah vlog mulai booming pada tahun 2005 dan dalam sekejap Youtube jadi kebanjiran vlog. Vlog mulai booming di tanah air sejak tahun 2015, dan gara-gara vlog Youtube jadi kebanjiran penonton dan pengungah hingga tercatat jumlah video di Youtube yang diunggah dari Indonesia meningkat hinga 600%.

Cara untuk melakukan vlog bermacam-macam, ada yang menggunakan webcam, kamera ponsel, hingga kamera video. Namun sayangnya, durasi video vlog rata-rata berkisar 1-3 menit sebab keterbatasan jumlah bandwith.

Saat ini, vlog sudah menjadi sebuah gaya hidup masyarakat Indonesia. Semua kalangan dari masyarakat biasa hingga penjabat pemerintah banyak yang melakukan vlogging. Salah satu ciri yang membuat film ini menarik adalah kesederhanaan yang dibawakan pada vlogging. Rata-rata saat vlogger (orang yang melakukan vlogging) akan vlogging, mereka hanya menset atau menetapkan satu ruangan yang akan menjadi latar videonya. Sebut saja beberapa vlog yang fenomenal semisal pertandingan adu panco antara Kaesang dan Jokowi. mereka hanya menset satu lokasi yaitu di sebuah ruangan dan merekapun hanya menggunakan kaos saat melakukan vlogging namun video ini telah menarik minat masyarakat tanah air untuk menontonnya. Selain itu, video ini juga mengandung banyak pesan moral. Mau tahu pesan moralnya? Silahkan nonton sendiri.

Namun sangat disayangkan, ditengah hingar bingar gemerlapnya vlogging, vlogging kerap kali dijadikan ajang sindir menyindir antara satu dengan yang lain seperti vlogging yang berjudul Firna buatan politisi sayap kanan Belanda pada yahun 2008 yang dianggap menyindir suatu kelompok agama tertentu. Selain itu, vlogging juga secara tidak langsung menampilkan informasi pribadi kita ke muka publik.

Sebagai seorang vlogger, ada baiknya membuat video dan menjaga video miliknya agar tidak disalahgunakan oleh oknum-oknum tertentu. Toh ada sisi baiknya dari vlogging, kita dapat memotivasi orang dari video yang kita buat.

Related Posts:

5 Responses to "Sedikit Mengenal Tentang Vlog"